SALAM

Salam selamat datang buat yang telah bersedia meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melongok blog ini serta terima kasih buat yang bersedia meninggalkan catatan berupa komentar, saran dan pendapat pada kolom yang telah disediakan.


joe
http://www.joeoflife.blogspot.com/

Rabu, 22 April 2009

KARTINI - KARTONO


Hayooo siapa yang kemarin tanggal 21 April 2009 ikutan berpartisipasi merayakan hari Kartini ? ayo ngacung…


Lho Joe kok loe ngacung dengan semangat 45 begitu sih…
emang loe perempuan apa laki sih kok ikutan ngerayain Kartini segala? Jangan-jangan loe pakai kebaya ? Hemaphrodit ?
* Duh kirain kita emangnya cowok apaan siyyy*


Yah ada storinya lah gw sampai memperingati ibu kita Kartini ini.


Jadi ceritanya gini nih tanggal 20 April 2009 yang lalu, tiba-tiba di email kantor gw masuk message tulisannya kurang lebih meminta seluruh pegawai untuk berpartisipasi mengikuti perayaan hari Kartini dengan menggunakan pakaian untuk peringatan dimaksud.


Awalnya sih gw nyante dan cuek aja sama email itu, wong gw udah ngecek ke bagian bawah badan gw dan cukup jelas hasilnya kok kalau gw bukan perempuan, definetely laki-laki tulen, masa di suruh ikutan perayaan Kartinian. Terus nanti pakai kostum apa ? pakai kebaya ? Ndak mungkin khan...... Ntar dikirain bencong ngamen lagi.


Tiba-tiba dua jam kemudian dari email yang pertama dateng email kedua yang berbunyi ”buat yang cowok udah disewain pakai pakaian daerah buat acara besok jadi harap dipakai buat besok selama jam kerja”. HAH ? Gw Cuma bisa bisa terbengong takjub baca email kedua.


Ampunnnnnn. Seumur hidup gw nggak pernah berpartisipasi di hari Kartinian kok malah sekarang udah tua harus ikutan. Kayaknya masa kecil gw kurang bahagia aja.


Tahu harus kudu pakai pakaian daerah membuat gw bawaannya udah maless aja besok ngantor.


**Jujur aja, gw sebetulnya agak males pakai pakaian daerah karena tiga alasan. Pertama, ribet makainya, kedua kalau udah pakai pakaian daerah kalau mau ke belakang bakal sengsara deh, ketiga pakai pakaian daerah di Jakarta waduhhhhh panassss dan gerah pastinya apalagi dipake selama jam kerja. Begidik gw membayangkannya**


Besoknya, tanggal 21 April 2009, gw dateng agak telat. **Bukan karena gw males lho tapi maceettttt ada kecelakaan di tol jam 6 pagi**


Sampai di kantor gw mendapati semua kolega yang perempuan telah berdress code kebaya dan yang laki berdress code pakaian daerah gaya betawi. Gayanya udah siap kayak mau ngelenong.


Gw buru-buru ganti pakaian daerah yang telah tersedia karena yang lain udah pada siap. Yup, siap untuk acara foto session,


Kembali ke perayaan Kartinian ini ternyata gw banyak menemukan hal-hal paradox yang aneh lucu, dan ajaib kali disekitar perayaan hari Kartini kali ini :


Anak usia sekolah (TK-SD) sekarang tidak semua merayakan hari Kartini

Boleh percaya boleh nggak, zaman sekarang ini makin ajaib aja. Dulu waktu gw SD perayaan hari Kartini begitu heboh, khususnya buat orang tua yang punya anak cewek. Kenapa heboh ? karena dulu pasti kalau tanggal 21 ada semacam karnaval untuk merayakan hari Kartinian. Si anak didandanin secantik-cantiknya buat tampil di Karnaval. Yang sekarang terjadi kayaknya nggak semua sekolah TK – SD yang merayakan seperti zaman dulu. Lebih lucu lagi ada anak cewek usia SD yang terheran-heran kebingungan pada tanggal 21 April kemarin karena ibunya heboh dandan pakai kebaya sementara si anaknya perempuannya usia SD nggak ada kegiatan perayaan hari Kartinian dan seharian merayakannya dengan main di mall.


Perusahaan dan Orang Tua Lebih Heboh

Ternyata ada beberapa perusahaan kayak perbankan dan perusahaan BusWay yang cukup heboh menyambut hari Kartini dengan mewajibkan pegawainya berdandan heboh layaknya orang mau wisudaan atau mau kawinan karena harus dandan pakai kebaya. Bikin heboh lantaran harus dandan dan kondean ke salon jam 5 pagi karena jam 7 pagi udah harus sampai kantor dengan berpakaian kebaya.


Nggak hanya kaum Kartini tapi juga kaum Kartono

Kalau dulu perayaan Kartini diasosiasikan dengan perempuan, maka hal tersebut saat ini nggak sepenuhnya benar. Ternyata Kartono (baca kaum laki-laki) juga ikut merayakan hari Kartini. Buktinya gw jadi harus pakai pakaian daerah demi merayakan hari Kartini. ** meskipun karena perintah **


Selain itu, ternyata nggak semua kaum Kartini masih hapal lagu ibu kita Kartini, malah yang ada kaum Kartono yang lebih hapal lagu ibu kita Kartini. Buktinya ada lho temen gw di Facebook yang ketika ngajari anaknya nyanyi lagu ibu kita Kartini ehhh dia malah lupa syair / teks lagu ibu Kartini yang utuh. Duh tuh anaknya mau jadi apa coba.. Sampai akhirnya ada kaum Kartono yang ngasih bantuan untuk mengingatkan syair / teks ibu kita Kartini secara komplit. Halah. Masih untung nggak gw bantuin nyontohin nyanyiin, bisa kagum nanti pada-pada. ** ayo siapa kaum Kartini yang lupa lagu ibu kita Kartini pada ngaku.... yang jelas salah seorang temen gw di Facebook udah ngaku lupa...**



Balik lagi ke cerita gw tentang gw yang harus kudu pakai pakaian daerah. Ternyata setelah memakai pakaian daerah betawi dan menjalani foto sesion hasilnya lumayan juga lho. Sepadan lah hasilnya dengan keribetannya dan gerahnya gara-gara pakai pakaian daerah itu. Hasil foto yang gw bilang lumayan emang nggak bisa dipungkiri bahwa ada berbagai faktor yaitu :

  • pertama si Juru foto emang jago dan profesional;
  • kedua yang dandani gw emang jago dan profesional;
  • ketiga dan menurut gw paling penting adalah bahwa semua itu tergantung bawaan orangnya. Kalau orangnya udah oke dari sononya seperti gw ini yah tetep aja hasilnya oke. Kalau nggak percaya lihat aja hasil fotonya di kiri atas tulisan ini pada blog ini atau foto series lengkapnya di facebook gw (WahJoe Ka) ** huek.. huek... huek....**


Akhirnya gw ucapkan selamat hari Kartono ehhh salah maksud gw Selamat hari Kartini 21 April 2009 buat yang merayakan dan yang turut serta berpartisipasi merayakannya.
.

9 komentar:

Daffodil mengatakan...

wehehehehehe.... ada yg ge er setelah pake pakaian daerah.jangan jangan abis ini tiap tgl 21 tiap bulan pake pakaian daerah deh..... :-D

It's Me Joe mengatakan...

@ Daff : Gw nggak GR kok... SUER.... emang dari sononya udah OK... jadi nggak perlu kayaknya tiap tanggal 21 pakai pakaian daerah .... ** kecap number one mode on **

mawi wijna mengatakan...

Ganteng juga kok Mas, pake baju adat Betawi. Kayak yg mo lamaran di nikahan ada Betawi aja, he3. Tapi bolehlah sekali-kali pakai baju daerah, biar nggak lupa cara memakainya.

Oiya, satu-satunya lagu yg saya hapal notnya tu cuma lagu Ibu Kita Kartini, he3.

Daffodil mengatakan...

adyuh dyuuuh... ngga kuwat sama aura narsisnya euy! :-D

It's Me Joe mengatakan...

@ Mawi Wijna : Sebelumnya salam kenal dulu deh....
Terima kasih atas pujian gantengnya.. tapi maaf sayang sekali saya nggak ada duit recehan :p
Tuh ada satu lagi yang ngaku nggak apal lirik lagu ibu kita kartini.. siapa lagu yang mau ngaku ayo...

It's Me Joe mengatakan...

@ Daff : yah begitulah kalau narsis gw lagi kumat.... :p

Vicky Laurentina mengatakan...

Yu, tuh baju sewaan..nggak gatel ya makenya?
Truz..ceweknya kan diperintahkan kondean tuh..udah ada surat perintahnya. Biaya ke salon buat kondeannya dibayarin kantor, nggak?

It's Me Joe mengatakan...

@ Vicky :

Yah khan kulit gw kulit badak.. jadi udah nggak berasa :p

Lagi pula gw pake kaos dobel kok... jadi sedikit mengamankan...

adalah perintah tertulisnya meski berupa email...

Untuk ke salon pakai uang masing2x.. soalnya lagi efisiensi hehehe

Anonim mengatakan...

seru juga tuh.. :D