SALAM

Salam selamat datang buat yang telah bersedia meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melongok blog ini serta terima kasih buat yang bersedia meninggalkan catatan berupa komentar, saran dan pendapat pada kolom yang telah disediakan.


joe
http://www.joeoflife.blogspot.com/

Minggu, 10 Januari 2010

Lho Kebonya mana ????

ini cerita lanjutan dari Backpacker setengah : keberangkatan ke solo city

Jadi setelah gw beristirahat dengan cukup dan nyenyak di Solo, sore menjelang malam harinya, paman dan bibi gw datang ke tempat gw bermalam. Kami kemudian ngobrol ngalor ngidul dengan Fer, orang semarang yang telah tinggal dengan keluarga kami di Solo selama lebih dari 15 tahun. Sampai pada akhirnya obrolan mengenai rencana untuk nonton arak-arakan 1 suro yang paling malam, karena dari awal saya ingin nonton kebo bule. Sesuai informasi dari si paman, arak-arakan biasanya akan keluar dari keraton pada pukul 12 malem dan sudah harus masuk kembali ke keraton sebelum subuh. Berdasarkan hal tersebut, maka si paman menyarankan agar kalau mau nonton lebih baik berangkat dari rumah jam 11 malem dan mencari titik terdekat yang keberangkatan yaitu di kawasan depan kantor pos besar Solo (Dekat kawasan nggladak).

Lebih lanjut, si paman menceritakan bahwa biasanya arak-arakan ini paling ditunggu warga Solo, karena si Kebo bule hanya diarak keliling kota Solo setahun sekali pada saat 1 suro. Kebo bule itu dinamai Kiai Slamet, dan dipercaya memiliki kekuatan tertentu. Pada saat kerbau ini diarak, banyak orang yang menunggu disepanjang jalan di kota Solo yang akan dilalui kerbau tersebut. Bahkan terdapat kepercayaan bahwa apabila pada saat berlangsungnya arak-arakan tersebut si Kerbau membuang kotoran, makan kotoran tersebut dipercaya dapat memberikan berkah, sehingga menjadi rebutan. Istilahnya adalah ngalap berkah.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi dipinggir kanan dan kiri jalan yang dilalui, banyak sekali orang yang telah menunggu diemperan trotoar.... sangat banyak laki, perempuan, tua, muda, anak-anak dan orang dewasa.. beserta kendaraan bermotor. Padahal jalur jalan tersebut baru akan dilalui arak-arakan sekitar jam 2 pagi (atau 3-4 jam dari waktu saya berangkat menuju lokasi). Mereka menunggu sambil makan lesehan di emperan toko dipinggir jalan. Ya, memang pada saat 1 suro ini juga banyak pedagang yang bermunculan menyediakan aneka makanan.

Perjalanan menuju lokasi ternyata sangat tidak diharapkan sesuai rencana. Jalan Slamet Riyadi Solo yang merupakan salah satu urat nadi kota solo macettt totalll tidak bergerak. Bahkan motor pun tidak dapat bergerak. Sepanjang jalan slamet riyadi seluruh trotoar sudah diduduki para warga yang sangat berharap ingin menonton, sedangkan pinggiran jalan menjadi tempat parkir kendaraan bermotor. Bau asap knalpot sudah tidak tertahankan.

Oleh karena Jl. Slamet Riyadi tidak dapat bergerak sama sekali, kami mencoba melalui jalan "tikus" menuju lokasi. Tapi ternyata warga dimana jalan "tikus" tersebut akan dilalui telah mengantisipasi dengan menutup portal sehingga motor tidak dapat masuk. Kami terus berputar-putar mencari jalan alternatif, sampai akhirnya kami dapat sampai mendekat ke tempat tujuan. Motor kami parkir kurang lebih 200M dari lokasi perempatan kantor pos Solo.

Lokasi di perempatan kantor pos solo sangatttt padat. Semua motor roda dua bercampur dengan penonton memenuhi jalan selebar kurang lebih 10-12 meter (6 jalur). Sangat padat. Padahal ini masih 45 sampai 30 menit lagi dari arak-arakan tersebut keluar dari Keraton Solo.

Kami berempat berusaha merangsek ke depan, mencari posisi yang lebih baik. Seluruh posisi yang lebih tinggi dari badan jalan telah diduduki oleh para warga yang sangat antusias. Pot semen pembatas jalan penuhhh dengan orang-orang. Kami akhirnya maju sampai titik yang kami mampu. Masih 20 menit lagi sebelum arak-arakan keluar dari keraton. Sungguh sangat padat. ** Sesuai informasi suasana kepadatan Solo di tahun baru kalah sangat jauh bila dibandingkan suasana kepadatan di malam 1 suro**

Karena sangat padatnya, berdesakan dan berjubelnya manusia di titik perempatan kantor pos solo, tentu harus masing-masing jaga keselamatan dan keamanan masing-masing. ** Gw sendiri ngamanin dengan sangat ekstra dompet, Hp dan kamera digital**. Hal ini menyebabkan perhatian jadi terbagi-bagi.

Akhirnya iring-iringan yang dibuka oleh voorider **bener nggak nulisnya ? ** mobil polisi. Masyarakat yang sudah melihat lampu dan sirine merangsek dari belakang untuk maju lebih dekat, sementara yang didepan tertahan oleh aparat keamanan yang membuat pagar betis untuk memberi jalan pada arak-arakan dan terus meminta masyarakat mundur dari jalur arak-arakan. Gw terjepit ditengah-tengah, dengan kegiatan yang terbagi antara tangan pegang HP, kamera saku dan kantung bagian belakang celana tempat naruh dompet. Hhhhmmm udara solo malam itu cukup panas, akibatnya dengan berjubelnya manusia makin membuat terasa panas bagi gw yang terjepit ditengah-tengah. Semakin lama semakin panas, dan kini udara malam bercampur dengan bau asap knalpot dan aroma keringat dari masyarakat yang berjubel. Gw lihat sekeliling mengarah ke atas, buset deh, seluruh atap gedung pun telah diduduki oleh masyarakat, termasuk atap gedung kantor pos Solo.

Voorider mulai lewat tepat didepan gw, dan masyarakat semakin menggila. terus merangsek ke depan, sementara didepan aparat keamanan mendorong ke belakang. Gw harus dan terus mempertahankan diri agar tidak terjatuh dan kehilangan barang-barang yang gw bawa malam itu. Gw terjepit. Sial. Gw nggak bisa ngelihat arak2xkan barisan depan.. yang kelihatan hanya kilatan lampu sirene vorrider. Gw berusaha maju ke depan untuk melihat si kebo bule yang katanya ada diarakan paling depan. Ohhh, tetap nggak keliatan. Kebo-nya mana ????

Yang kelihatan sama gw cuma :
  1. ndase wong liyo
  2. ndase wong liyo sing nganggo helm
  3. punggunge wong liyo
  4. brutu ne wong liyo
**maap para pembaca kalau kasar... soalnya emang kesel dan mangkel**

Aseeeemmmmm... gagal deh jauh-jauh dari Jakarta..

Setelah iring-iringan terus berjalan sampai mulai giliran abdi dalem keraton, mulai tumpukan massa mencair perlahan. Gw baru bisa merangsek lebih kedepan lagi dan mengabadikan momen kirab tersebut. Tapi tetep saja gw tidak pernah bisa masuk ke barisan paling depan. Terpaksa mengabadikan dengan cara "membabi buta", tangan diangkat setinggi-tingginya dan klik sana sini HP dan kamera digital yang dibawa.

Ada kejadian aneh pada saat akan mengabadikan dengan menggunakan fasilitas video recording dari HP, tiba-tiba memoriku hang. Arrrggggghhhh..... untung saja fasilitas kamera pada HP masih jalan.

Semakin lama kepadatan dan kerumunan massa semakin cair. Di barisan kirab paling belakang, gw liat ada cewek bule dengan berpakaian adat jawa lengkap ikut dalam kirab, yang tidak berapa lama kemudian keluar barisan. Hmmm maksud hati pingin liat kebo bule yang diarak, ternyata yang gw liat malah cewek bule yang ikut kirab....

Kamipun kemudian pulang..... tetap macet... Gw kecewa..... nggak bisa liat kebo bule...



Bersambung..........





  1. Foto-foto tersebut di atas merupakan koleksi pribadi penulis / pemilik blog, dilindungi oleh UU Hak Cipta dan UU ITE.
  2. Dilarang menggunakan foto-foto di atas untuk aktivitas komersial kecuali atas izin penulis / pemilik blog sebelumnya.
  3. Apabila ingin menggunakan / memuat kembali foto-foto diatas bukan untuk tujuan komersial cukup menyebutkan sumbernya berasal dari blog ini.


2 komentar:

Daffodil mengatakan...

hahaha.
meski ngga ada happy endingnya,critanya seru juga ya. btw, knapa cewek bulenya ngga dikejaaaar? kan bisa buat pelipur laraaaa.:-D

It's Me Joe mengatakan...

@ Daff : hahahaha cewek bulenya dikawal 2 abdi dalem pakai keris lengkap.. ngeri je... :)