SALAM

Salam selamat datang buat yang telah bersedia meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melongok blog ini serta terima kasih buat yang bersedia meninggalkan catatan berupa komentar, saran dan pendapat pada kolom yang telah disediakan.


joe
http://www.joeoflife.blogspot.com/

Sabtu, 02 Januari 2010

Backpacker setengah : keberangkatan ke solo city

Ini salah satu dari sedikit detail tulisan lanjutannya Backpacker setengah ke Joglosemar di http://joeoflife.blogspot.com/2009/12/backpacker-setengah-ke-joglosemar.html. Bagian ini bercerita tentang keberangkatan gw dari Jakarta ke Solo.

Jadi gw ceritanya dari jakarta mau liburan akhir tahun dengan kota tujuan pertama adalah kota Oslo eh salah kota Solo. Tadinya sih mau naik pesawat, tapi karena niatannya mau jadi backpacker setengah nanti kalau naik pesawat nggak bisa disebut backpacker lagi dong. Akhirnya diputuskan lah naik Kereta Api (KA) Eksekutif. Pesen 3 hari sebelum keberangkatan dan eng ing eng Kereta Api Eksekutif ke Solo sudah habis, maka sebagai upaya alternatif dicarilah tiket ke Jogjakarta untuk nantinya lanjuk ke Solo dan ternyata dapat juga KA Taksaka.

Berangkat dari Jakarta langsung cabut setelah pulang kerja ke Stasiun ngGambir, nunggu lama di Stasiun tsb. tiba-tiba terdengar bunyi : "teng tong teng ting" (yah kurang lebih begitulah bunyinya).

Kemudian diikuti suara merdu announcer perempuan "Kepada para penumpang Taksaka, dengan ini kami beritahukan bahwa Kereta Api Taksaka tujuan Jogjakarta dengan keberangkatan pukul 20.53 keberangkatannya DITUNDA kurang lebih satu jam lagi, karena ada permasalahan teknis, saat ini kereta Taksaka sedang diperiksa di stasiun Manggarai"
**Gw dalam hati : nih suara announcer emang merdu tapi announcementnya nyesekin gw. Gw khan udah pengen molor di kereta !!!**

Jam 21.50 terdengar kembali bunyi "teng tong teng ting" dilanjutkan suara yang sama dari announcer perempuan tadi "Kepada para penumpang Taksaka, diperkirakan baru akan tiba di Gambir sekitar 10 menit lagi" **Gw dalam hati : duh lama-lama makin sakit kuping gw denger suara si mbak announcer ngasih pengumuman ini**

Jam 22.10 terdengar kembali "teng tong teng ting" kemudian terdengar suara announcer kali ini laki-laki ** mungkin udah lewat jam 9 malam shiftnya ganti, siapa tahu udah beres KA-nya** yang berkata "Pengumuman, kepada para penumpang Taksaka, kereta Taksaka tujuan Jogja akan diberangkatkan 10 menit lagi dari stasiun Manggarai" ** Gw dalam hati : buseett dari tadi 10 menit terus, habis itu baru akan lagi diberangkatkan, kapan pastinya dan nyampenya niy ??**

Singkat cerita kereta baru berangkat sekitar jam setengah sebelas malam.

Begitu di dalam kereta gua langsung molor. Sampai di Jogja telat satu setengah jam dari jadwal. Kalau gitu makan pagi sekalian aja dulu di Stasiun Tugu.

Selesai makan pagi lanjut jalan dari Jogja ke Solo naik KA Diesel Pramex (inget bukan Paramex, kalau itu obat). Pramex merupakan singkatan dari Prambanan Express. Harga tiketnya kalau nggak salah Rp 8.000,-. Naik KA Pramex sampai di Stasiun Balapan, turun naik taksi menuju tempat berteduh. Istirahat dulu sebelum kegiatan utama nanti malam.

Oh ya, hari dimana gw sampai di solo adalah 1 hari sebelum perayaan tahun baru Islam. Biasanya di Solo sebelum tahun baru Islam ada perayaan khusus berupa arak-arakan dari Kraton Solo. Ada dua jenis arakan dalam menyambut tahun baru Islam yaitu pertama arak-arakan benda pusaka yang diarak setelah magrib dan arak-arakan kedua pada pukul 24.00 arak-arakan Kerbau Bule dan abdi dalam Kraton. Gw lebih tertarik nonton arak-arakan yang kedua karena mau nonton kebo bule di arak, meskipun sesuai informasi arak-arakan yang pertama (benda pusaka) juga cukup seru dan ramai.

Hal lain kenapa kota Solo jadi tujuan adalah makanan... yup makanan kota solo selalu ngangeni. Variatif dan terasa nikmat di lidah gw. Pokoknya temanya kalau di solo memah biaklah.

Okeh untuk sementara gw beristirahat dulu karena capek baru sampai Solo. Ntar malem jam 24.00 khan mau nonton arak-arakannya. Nanti cerita seru mengenai arak-arakan setelah gw istirahat.

Tidur dulu yah.


Mengko Enek Sambungane ** yang artinya To be Continued**



Foto berasal dari website: http://infoka.kereta-api.com/galeri/index_galeri.php?profil_name=Taksaka&main_img=/galeri/Taksaka/Taksaka_eksterior2.jpg&note_main=h

6 komentar:

laurentina mengatakan...

Kenapa namanya kebo bule? Memangnya kebonya albino?

It's Me Joe mengatakan...

sabar dek laurent... nanti akan muncul cerita lanjutannya disertai gambar-gambarnya...

Daffodil mengatakan...

huuuhhh.
awas nih kalo critanya baru lanjut setelah 3 bulaaaaannnn..... :-D

It's Me Joe mengatakan...

@ Daff : duhhh para pembaca gw udah tidak sabar rupanya.. tenang aja.. nanti disertai foto esklusifff...

alice mengatakan...

kulonuwun... numpang comment ya: btw kok veritanya mandeg suma ampe januari doank... lanjutannya dunk... oya kalau mau ke solo naik bus Patas juga murmer: 20rb, atau naik bus joglosemar (ber-ac kok). Trus kalo ke solo jangan lupa coba Bebek Slamet... dijamin mak nyusss.

It's Me Joe mengatakan...

@ Alice : iyah untuk sementara off dulu karena kendala teknis dan waktu.. tapi nanti akan lanjut lagi kok... Bebek Slamet ? itu sih di kota tempat tinggalku sehari-hari ada kok...