SALAM

Salam selamat datang buat yang telah bersedia meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melongok blog ini serta terima kasih buat yang bersedia meninggalkan catatan berupa komentar, saran dan pendapat pada kolom yang telah disediakan.


joe
http://www.joeoflife.blogspot.com/

Kamis, 31 Desember 2009

Backpacker setengah ke Joglosemar


Liburan akhir tahun 2009 kali ini iseng-iseng jadi backpacker setengah. Tujuannya adalah wilayah joglosemar. Buat yang nggak tahu apa itu joglosemar, monggo cari di Prof. Google yah. Kenapa dipilih joglosemar sebagai tempat utama adalah karena di wilayah ini sebetulnya banyak yang bisa dieksplorasi baik makanan, tempat bersejarah, tempat wisata, tempat ziarah. Bahkan kayaknya masih merasa belum semua tempat bisa dilihat sampai puas.

Btw, pasti bingung khan dengan judul istilah backpacker setengah.
Ini karena dalam perjalanan liburan pakai tas backpack besar (biasa buat naik gunung katanya) yang bisa setinggi kepala sampai pinggang, cuma sejatinya backpacker katanya harus ada rasa nggak nikmat (kalau nggak mau dibilang sengsara) dalam melakoni perjalanan, yaitu antara lain:
  1. naik kendaraan atau angkutan yang murah (kalau nggak mau dibilang kelas ekonomi atau kluthuk class) dan
  2. penginapan juga murah yang artinya selain harga murah tanpa AC (Air Conditioner) tapi cukup pakai ac (angin celah) dan juga nggak boleh tuh ada hot water buat mandi.

Oh yah ketika sedang melakoni liburan dengan style backpacker (setengah) ada seorang teman yang tahu kalau gua lagi backpackeran dan sms begini : "joe, loe itu khan pejabat, masa seh liburan kok backpackeran. Pejabat nggak pantes lagi".

Emang sih temen yang sms ini ada benarnya, karena jelek-jelek begini gw khan pejabat RT, tapi khan cuma pejabat RT, nggak pengaruh apa2x. Lagian pula, temen yang sms itu sebetulnya setengah kecele kalau tahu fakta dan cerita yang terjadi, yah itu tadi karena sebetulnya cuma backpacker setengah.

Fakta dan ceritanya yang terjadi mengenai backpacker setengah adalah sebagai berikut sodara-sodara:

  1. Sejak berangkat dari jakarta naiknya Kereta Api kelas eksekutif Taksaka, begitu pula dengan kepulangan kembali ke Jakarta tetep naik Kereta Api kelas eksekutif Argodwipangga. Angkutan kelas ekonomi yang gw naikin adalah saat dari Solo ke Semarang yaitu Kereta Api (KA) Pandanwangi (yang pasti kalau mau coba jangan harapkan bertemu dengan wangi (bau) pandan yah... jauh bo). Tiket KA Pandanwangi murah meriah cuma Rp 13.000,-. Sesuai jadwal KA Pandanwangi sekitar 2 jam 30 menitan lah. Namun sesuai kata pepatah ada harga ada rupa, yang terjadi KA Pandanwangi baru sampai semarang sekitar 4 jam. Gimana nggak wong tiap ada bangunan yang namanya stasiun KA Pandanwangi pasti berhenti. Karena kapok tidak on schedule, maka pulang ke solo diputuskan tidak lagi naik KA naik travel Cipaganti yang baru buka rute baru di Joglosemar dengan harga tiket Rp 40.000,-. Kendaraan umum kelas ekonomi lainnya yang digunakan adalah bus umum jurusan Semarang ke Ambarawa yang cuma Rp 6.000,-
  2. Nah sekarang cerita penginapan. Selama menjalani ritual perjalanan backpacker di joglosemar penginapannya yang digunakan adalah rumah keluarga sodara dan penginapan yang ada AC-nya. Di rumah sodara selain pakai AC juga bisa mandi pakai air anget, ada dispenser ada kulkas. Waduh, bener-bener bukan backpackerlah untuk penginapan.

Untuk sementara itu dulu prolognya, dan cerita lanjutannya secara detail akan dilanjutkan nanti. Sekalian alasan biar ada bahan buat update isi blog ini. So tunggu saja cerita selanjutnya.



Source photo of central java map taken from http://www.indonesia-tourism.com/central-java/map/index.html


4 komentar:

Vicky Laurentina mengatakan...

Cerita kok cuma setengah-setengah? Ilang moodnya nanti..

Ini sih bukan backpacker setengah. Ini namanya berlibur ke rumah sodara..

It's Me Joe mengatakan...

@ Vicky : ternyata kamu mulai pinter nyela juga.... lho tujuannya khan biar murah vick.. jadi apabila ada yang jauh lebih sangat murah alias gratis yah harus dimanfaatkan dong.. salah satunya rumah kosong milik sodara hihihihihi.....

Daffodil mengatakan...

eeerrr, jd pengen tau backpacknya segede apa.....

It's Me Joe mengatakan...

@ Daff : pokoknya kalau dibuat full bisa ukuran dari pinggang sampai kepala deh tuh back pack... **sedikit hiperbolis karena faktanya nggak penuh kok**