SALAM

Salam selamat datang buat yang telah bersedia meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melongok blog ini serta terima kasih buat yang bersedia meninggalkan catatan berupa komentar, saran dan pendapat pada kolom yang telah disediakan.


joe
http://www.joeoflife.blogspot.com/

Sabtu, 19 September 2009

1000 Hari


Yang namanya orang jawir, pasti banyak sekali tradisi-tradisi yang musti dijalani.
Tradisi-tradisi itu secara filosofis menggambarkan seluruh proses kehidupan manusia sejak akan dilahirkan sampai dengan nanti dipanggil Sang Gusti Allah. Masing-masing tradisi itu punya mesej atau pesan moralnya sendiri-sendiri.

Begitu banyaknya tradisi yang harus dilalui sampai gw, sebagai orang jawir, kadang nggak tahu semuanya. Coba yang gw tahu aja dari jabang bayi yang akan dilahirkan udah ada namanya tradisi 7 bulanan, nanti bayinya lahir ada tradisi buang ari-arinya dan juga nyukur rambut bayi, ntar beranjak dewasa ada khitanan, terus kawinan, ngelahirin anak, kematian (lelayu) dstnya.

Khusus dalam kematian, tradisi jawir cukup banyak yaitu 3 harian, 7 harian, 40 harian dan 1000 harian. Masing-masing kegiatan tersebut tentunya punya pesan atau tujuan sendiri-sendiri.

Beberapa waktu yll, keluarga kami mengadakan kegiatan mengenang 1000 hari meninggalnya ayah kami tercinta. Kegiatan berjalan lancar dan sukses, banyak yang hadir, memberikan perhatian dalam segala bentuk dan doa diluar ekspektasi kami. Cuaca juga begitu mendukung kami. Terima kasih kepada Tuhan dan buat yang telah hadir, memberikan perhatian dan doa.

Kegiatan 1000 harian ini bukan diartikan bahwa setelah itu karena tidak ada acara tradisi lagi maka yang meninggal akan dilupakan. Sama sekali bukan. Pesan dari kegiatan 1000 harian ini adalah agar kami yang ditinggalkan merelakan kepergiannya dan tidak boleh bersedih. Life must go on begitu kata pepatah. Setelah 1000 hari ini yang ditinggalkan diharapkan untuk terus mendoakan dengan suka cita, karena yang meninggal telah memiliki kehidupan lain yang jauh lebih abadi.

1000 hari bukan waktu yang sebentar... tapi ternyata berjalan sangat cepat tanpa terasa.
1000 hari bukan untuk melupakan
1000 hari bukan untuk bersedih lagi
1000 hari terlewati dan kami akan terus berdoa untukmu
1000 hari adalah untuk mengenang segala kebaikanmu
1000 hari adalah untuk menjalankan segala didikan dan ajaranmu
1000 hari adalah jalan keabadianmu

Selamat jalan, kami percaya engkau akan melihat dan menjaga kami dari surga.




= = = = = = in memoriam my father= = = = = =



Gambar diambil dari http://commons.wikimedia.org/

4 komentar:

Daffodil mengatakan...

ngga panjang panjang kok komennya.
mirip miriplah sama yg di FB.
jaga nyokap baik baik. itulah salahsatu cara membalas jasa orang tua.:-)

It's Me Joe mengatakan...

I will daff... I will....

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

Mas Joe, apa maksudnya judul 1000 hari itu artinya postingan ini harus bertahan dalam jangka waktu yang sama? Hehe. Maap, cuma nggak sabar nungguin update-an...

Omong2, saya selalu percaya jiwa orang yang kita sayangi tetap hidup meskipun berbeda dimensi. Entahlah...

It's Me Joe mengatakan...

@ Sri & Kris : yah mungkin aja bisa bertahan 1000 hari nggak nulis hehehe.... ini lagi nggak ada ide.. blank.. jadi lebih baik nggak nulis kalau nggak bagus... (rada2x sok idealis)

Pastinya dimensi di surga yah...