SALAM

Salam selamat datang buat yang telah bersedia meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melongok blog ini serta terima kasih buat yang bersedia meninggalkan catatan berupa komentar, saran dan pendapat pada kolom yang telah disediakan.


joe
http://www.joeoflife.blogspot.com/

Jumat, 31 Juli 2009

Gratis tapi........

Seperti biasa, kalau gw pulang rumah, setelah masukin mobil ke garasi gw ngecek mailbox ** sok english mode on ** yang ada di depan rumah.

Biasanya incoming mail ** dua kali pakai istilah english ** yang ada di mailbox tuh isinya yah itu-itu aja, yaitu :
- Surat Tagihan Listrik
- Surat Tagihan Air
- Surat Tagihan Telpon
- Surat Tagihan Kartu Kredit
- Surat Tagihan utang-utang lainnya.
**padahal gw berharap tiap kali ngecek mailbox ada surat cinta dari seluruh Indonesia dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Papua dsbnya, kayak gw artist aja**

Seperti biasanya lagi, surat yang masuk tersebut di atas amplopnya pasti ada logo operatornya. Nah seminggu yang lalu gw dapat surat yang nggak ada logo disampulnya, wah jangan2x ekspektasi gw bener gw dapat surat cinta. Setelah masuk kamar, gw buka dan bacalah tuh surat, isinya kurang lebih :

"Selamat Buat Bpk. Joe, anda mendapat Grandprize istimewa dari kami. Silahkan anda hubungi kami atau datang ke kantor kali di alamat XYZ dengan membawa undangan ini. Kami tunggu sampai tanggal ....."

Wahhhhh langsung tuh surat tak sobek-sobek ** dengan gaya tukul** ... wong ekspektasi gw bukan surat yang isinya memperdaya semacam ini kok....

Udah lupa gw sama surat resek itu, tiba-tiba pagi-pagi hari ini gw lagi enak2x tidur-tidur ayam di bangunin sama my family karena ada telpon nyari gw... cewek tuh yang telpon....

Dengan semangat gw langsung samber tuh telpon... :

Joe : Yak halooowwwww......
Cw : Selamat pagi pak, bener ini Pak Joe.
Joe : (gelagapan)... selamat pagi juga Bu... bener saya Joe... dengan siapa saya bicara ?
Cw : Perkenalkan Pak, saya Susimileketehe dari perusahan XYZ, saya ingin memberitahukan bahwa pak Joe sudah terpilih memenangkan hadiah Grandprize dari perusahaan kami. Silahkan pak Joe datang ke kantor kami dengan membawa KTP.
Joe : emang kalau boleh tahu saya dapat hadiah apa bu Susimileketehe ?
Cw : Oh pak Joe dapat Rice Cooker dan kompor.......
Joe : Yah sudah kirim saja ke alamat saya dipaketin.... nanti biayanya saya ganti ditempat saya.
Cw : maap pak Joe... Bapak harus ambil sendiri.
Joe : Jadi hanya bawa KTP aja sudah bisa ambil bawa tuh hadiah.. Gratis mbak ?
Cw : Iya pak, dan kami minta Bapak juga membeli salah satu produk kami.
Joe : Lah kalau gitu mah nggak grandprize dan nggak gratis dong....
Cw : Lho Pak grandprizenya tetep gratis, bapak khan beli peralatan kami terus dapat grandprizenya. Jadi Grandprizenya gratis khan Pak ?
Joe : ohhhh (manggut2x sambil berpikir gw yang bego yah ?)
Cw : Jadi gimana pak ?
Joe : yah sudah deh nanti saya pikir-pikir dulu... saya bisa minta nomor Hp mbak Susimileketehe ? nanti akan saya hubungi..
Cw : ini pak nomor saya 99999999999
Joe : oh yah saya catat... btw, Mbak tahu saya siapa ?
Cw : Pak Joe khan ?
Joe : bukan saya polisi...
Cw : klek...tut... tut...tut... tut... tut

Cw = Cewek

Selesai terima telpon yang nggak jelas gw nonton tivi... kebetulan lagi iklan tentang sekolah gratis dari salah satu instansi dan di bagian akhir iklan munculah pimpinan instansi tersebut. Sambil nunggu deretan iklan itu gw baca koran Pos Kota beberapa waktu lalu, isinya salah satunya mengenai keluhan ortu calon siswa sekolah non swasta yang mempertanyakan program sekolah gratis, buku gratis yang bisa didownload di Internet dan Program BOS, namun faktanya ketika masuk masih dibebankan buku yang harus dibeli di sekolah, LKS dsbnya yang bisa mencapai minimal Rp 500.000,-.

Dan gw juga jadi inget ketika jaman gw sekolah dan kuliah dulu. Ada yang namanya Sumbangan Wajib dan Sumbangan Sukarela di awal masuk. Gw sekarang juga jadi merasa bego dalam menggunakan bahasa Indonesia karena sepanjang gw tahu yang namanya sumbangan kok wajib (kesannya jadi nggak ada unsur keiklasannya ketika menyumbang... ada unsur keterpaksaan)

Kalau gini caranya gw mau usul aja supaya bahasa Indonesia dihapus dari SD sampai SMA.. karena gw sampai sekarang aja kata sederhana seperti gratis dan sumbangan aja nggak mudeng ....... atau memang sebetulnya kata "gratis" atau "sumbangan" sesuai dengan perjalanan waktu sudah berubah makna sehingga tidak dapat berdiri sendiri menjadi "gratis tapi", "sumbangan wajib" dan "sumbangan sukarela". Atau harusnya iklan sekolah gratis dikasih tanda *, dan ditulis dengan huruf kecil "syarat dan ketentuan berlaku"

Bingung khan ?????



4 komentar:

Daffodil mengatakan...

Hehehe....
Pernah juga tuh di sms, ditelp dll. Ngga sampe ngerjain dgn bilang 'polisi' tapi gue bilang aja bhw dia siap siap buang tuh hape dan sim cardnya krn udah terlacak sama pihak berwajib.
Tapi dgn masih maraknya hal hal kayk gini, berarti emang masih banyak org org yg tertipu kali ya Yu. Too bad....

It's Me Joe mengatakan...

Iya
Yang lebih kasihan lagi pas tahun ajaran baru banyak ortu masukin sekolah yang katanya iklan gratis, tapi ternyata.......... kasihan....

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

Hahaha. Saya suka banget tuh ama kerancuan kata2 "gratis" dan "sumbangan". Gimana kalo kata2nya disusun jadi : "Silakan menyumbang. Gratis kok!" atau "Saya akan nyumbang sejumlah gratis"?

Oya, Bang Joe, maaf ya baru sempat mampir...Ini Ria.

It's Me Joe mengatakan...

@ Ria : minta maap niy baru ditanggapi... Orang indonesia emang paling ahli memanipulasi... bahkan arti sebuah kata saja dimanipulasi...